Blog

2

Menggalakkan budaya baca tidaklah mudah. Berpegang pada pepatah yang mengatakan bahwa “Satu teladan lebih baik daripada seribu nasehat”pustakawan PJS Library membentuk klub buku yang saat ini masih beranggotakan seluruh staf PJS Library. Pembentukan klub buku ini bertujuan untuk mengajak civitas akademika SMKN 2 Yogyakarta khususnya untuk terus membudayakan membaca, menggerakkan laju literasi di setiap sendi kehidupan sehari-hai.

Seluruh anggota yang tergabung dalam klub buku, berkomitmen untuk mengikuti kegiatan klub. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain : 1) Memilih buku yang paling disukai; 2) Membaca buku 1 jam/hari; 2) Menuliskan review buku; 3) share to other (menceritakan kembali apa yang direview); 4) memberikan feedback. Satu buku dibaca selama 2 minggu, dan kemudian didiskusikan bersama.

Tanggal 8 Februari disepakati challenge membaca 1 jam/hari dimulai. Dan tanggal 22 Februari lalu, untuk pertama kalinya klub mendiskusikan buku yang dibaca. Bertempat di ruang baca Lantai 2 PJS Library, Kegiatan share to other diawali oleh Warjana dengan memberikan review buku berjudul Bicara itu Ada Seninya, disambung oleh Latifah Auliya dengan Tentang Tubuhmu dari dr Gia Pratama, dilanjutkan Marsono dengan buku Pelajaran Qiroati, dan Uswah dengan novelnya The Book Club karya Mary Alice Monroe.

Kegiatan diskusi buku ini dilaksanakan sebagai wujud gerakan untuk mengawali membaca dari semua lini. Berawal dari diri sendiri, sedikit demi sedikit, konsisten, dan kemudian tumbuh menjadi sebuah kebiasaan baik yang memberikan banyak dampak positif. Semakin banyak bacaan, semakin terbuka wawasan. Semakin mudah berbicara dan semakin berisi ucapannya. Semakin percaya diri dan semakin maju lebih dekat dengan prestasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.