Blog

diskusi

Challenge membaca 1 jam/hari bertahan dengan baik. Hari ini adalah kali kedua klub buku bertemu dan berdiskusi bersama, atau tepatnya 1 bulan challenge tersebut sudah berjalan. Hasil dari challenge ini dinikmati bersama dengan ‘share to other’ apa yang sudah dibaca dan pelajaran apa yang bisa diambil. Nikmat sekali rasanya berbagi inspirasi yang bisa digali.

Ada empat buku yang dishare dan didiskusikan hari ini. Pertama, Atomic Habits karya James Clear. Adalah buku pengembangan diri yang berbicara tentang bagaimana cara menciptakan dan menumbuhkan kebiasaan-kebiasaan baik serta menghilangkan kebiasaan-keiasaan buruk. Kedua, Tuhan pun Berpuasa karya Emha Ainun Nadjib, mengajarkan kepada kita bahwa Tuhan saja menahan amarahnya kepada manusia dan itulah mengapa manusia pun harus menahan diri dari berbagai nafsu . Ketiga, Perikardia karya dr. Gia Pratama bercerita tentang kisah-kisah pengalaman seorang dokter ketika co-assistant bertemu dangan berbagai manusia yang unik dengan pengalaman hidup dan keadaannya. Keempat, Obat Malas Dosis Tinggi karya Khalifa Bisma Sanjaya berisi resep-resep motivasi dan nasehat untuk keselamatan dunia dan akhirat.

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari keempat buku tersebut. Untuk menciptakan kebiasaan baik kita diharuskan untuk menjadikannya terlihat, menarik, mudah, dan memuaskan. Dengan kebiasaan baik yang terus terulang dan terulang, sedikit demi sedikit akan ada perubahan yang signifikan. Hal ini dapat diterapkan dalam memupuk suatu ketrampilan,keahlian, mencapai suatu target/keinginan, bahkan juga bisa memupuk kebiasaan untuk beribadah. Ibadah ringan seperti berdzikir yang terus menerus dilakukan akan membuat hati lebih tenang dan peka untuk menahan dari berbagai nafsu keburukan, dan menjadikan kita manusia yang berhati langit. (usw)

Leave a Comment

Your email address will not be published.