Blog

Hari-kunjung-perpus-2

Tanggal 14 September merupakan salah satu hari besar bagi perpustakaan. Pasalnya setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Setiap perpustakaan menyambut dan memeriahkan hari peringatan ini dengan antusias. Tak terkecuali PJS Library.

Tahun 2023 ini, mengusung Tema “Jangan Biarkan Vandalisme Buku Terjadi” PJS Library membuat rangkaian kegiatan yang menarik.  Diusungnya tema ini dilatarbelakangi oleh maraknya buku bajakan di sekitar kita. Beberapa siswa pun mendapatkan pengalaman tentang tertipu saat membeli buku.  Selanjutnya, banyak siswa yang sering bertanya, apakah bukunya boleh dilipat? Apakah boleh dicoret?  Maka untuk itulah, PJS Library merasa perlu untuk memberikan edukasi tentang berbagai macam vandalisme terhadap buku.  Kegiatan-kegiatan berikut merupakan wujud dari usaha untuk menghindarkan siswa dari terjadinya vandalisme buku.

  1. Edukasi Buku Bajakan

Perpustakaan pernah mendapatkan sumbangan buku dari siswa. Beberapa buku daris sumbangan tersebut, terindikasi bajakan. PJS Library menghimpunnya, memamerkannya, dan dipergunakan untuk menjelaskan, mengenalkan ciri-ciri buku bajakan. Dari kegiatan ini siswa mendapatkan gambaran jelas seperti apa wujud dan kualitas dari buku bajakan tersebut. Kegiatan ini terbukti efektif.

  • Membuat Origami Pembatas Buku

Merupakan salah satu usaha untuk membuat pembatas buku unik. Hal ini untuk menambah semangat membaca, dan mengurangi lipatan-lipatan pada buku.

  • Challenge : Temukan Buku “ini”!

Pada tantangan ini, siswa akan mengambil undian yang berisi judul buku. Siswa kemudian ditugaskan untuk menemukan buku yang judulnya tertera pada undian. Strategi apapun boleh dilakukan. Boleh langsung menju ke rak buku, boleh juga menggunakan OPAC.

Tujuan dari tantangan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat memahami proses temu kembali informasi. Bagaimana strateginya, dan seberapa kepemahamannya.  Siswa juga dituntut untuk membaca punggung-punggung buku ketika mencari, sehingga secara otomatis siswa juga akan mengetahui lebih banyak buku-buku di perpustakaan.

Kegiatan ini berlangsung sangat menyenangkan. Setelah siswa di edukasi tentang buku bajakan, sebagai syarat ikut challenge, siswa  harus membuat origami pembatas buku terlebih dahulu. Setelah siswa menemukan buku yang dimaksudkan, siswa diminta untuk memilih hadiah buku yang sudah dikemas dalam pembungkus koran (blind book). Total 40 hadiah buku sudah diberikan. Dan kunjungan hari ini mencapai 297. Maju terus Perpustakaan Indonesia. (usw)

Leave a Comment

Your email address will not be published.